Selamat Datang Di Karisma ITB (0.9)

Tawadhu’

Waduh, apa lagi tuh kak? Tawadhu' ituu ridho kalau kita dianggap mempunyai kedudukan lebih rendah dari yang sepantasnya. Tawadhu’ merupakan sikap pertengahan antara sombong dan melecehkan diri. Sombong itu kan mengangkat diri terlalu tinggi sampai lebih dari yang semestinya, sedangkan melecehkan diri itu menempatkan diri terlalu rendah sampai pada pelecehan hak. Hmm, keduanya buruk ya kak. Berarti, kita harus pinter-pinter ngatur biar bisa ada di antaranya ya kak?
Bener banget tuh sob ????
Ibnu Hajar berkata, “Tawadhu’ adalah menampakkan diri lebih rendah pada orang yang ingin mengagungkannya. Ada pula yang mengatakan bahwa tawadhu’ adalah memuliakan orang yang lebih mulia darinya.” (Fathul Bari, 11: 341)
Bisa dibilang sih Say No for Rendah Diri, but Yes for Rendah Hati ????

Sahabat Nabi yang pandai

Kak, kita kan pelajar nih, ada nggak sih, sahabat Nabi yang bisa dijadiin inspirasi buat kita??
Ada dong, banyak malah, dan salah satunya adalah
Muadz bin Jabal bin Amr bin Aus al-Khazraji, atau yang dikenal dengan julukan "Abu Abdurahman" adalah salah seorang sahabat nabi, termasuk golongan Anshar yang pertama masuk islam. MasyaaAllah...

Syukur Adalah Ibadah

Mimin kepo deh, selama ini, apa sih yang ada di pikiran kalian kalau kita ngomong ibadah?
Pasti yang pertama terlintas itu sholat, zakat, puasa, naik haji,yang kayak gitu kan?? *eh, malah nyebutin rukun islam ????

Padahal, tau gak sob, kalau pas kita diem anteng anyem aja, kita bisa disebut beribadah dan dapat pahala lohh. Tau gak ibadah apa itu??

Yap, itu adalah syukur. Di Al-Qur'an, banyak banget nih ayat-ayat yang memerintahkan kita buat bersyukur kepada-Nya. Jadii syukur itu termasuk ibadah dan bentuk ketaatan atas perintah Allah. Wihh, kece banget kann.
Allah Ta’ala berfirman,

???????? ?????? ??????? ?? ??? ??????

“Ingatlah kepada-Ku, maka Aku akan mengingat kalian. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah ingkar” (QS. Al Baqarah: 152)

Allah Ta’ala juga berfirman,

?? ???? ????? ????? ???? ?? ????? ?? ??????? ??????? ??? ?? ???? ???? ??????

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah” (QS. Al Baqarah: 172).

Udah jelas banget tuh di ayat di atas, bahwa bersyukur termasuk menjalankan perintah Allah dan enggan bersyukur serta mengingkari nikmat Allah termasuk bentuk pembangkangan terhadap perintah Allah. Hihi, ngeri juga yaa sob.

Udah jelas kan sob, seberapa pentingnya bersyukur itu? Ibadah tanpa effort banyak, yang sering kita lupain, padahal keutamaannya top banget. Nahh, sudahkah kita bersyukur hari ini? ????

Isra Mi'raj

Nabi Muhammad Saw bersabda,
“Jika kamu ingin dikasihi Allah dan Rasul-Nya, maka sampaikanlah amanat apabila kamu diberi kepercayaan, dan berlaku jujurlah (benar) apabila berbicara, dan berbuat baiklah kepada tetangga-tetangga, yaitu orang yang bertetangga dengan kamu.” (HR Thabrani).
.
Rasulullah hingga akhir zaman, suri tauladan umat Islam sepanjang massa. Tiadalah apa yang dibawa Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa salam, terkecuali kasih sayang dan akhlak mulia.
.
Selamat memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa salam, Sob! 12 Rabiul Awal 1440 H, 14 April 2018

FREE PASS MASUK SURGA

Kalau ngomongin tentang tiket masuk surga, apa yang sob pikirkan?
Pastinya ibadah kan yaa?
Terutama sholat, ngaji, puasa, umroh, dan lain-lain.
Tapiii...
Tau gak sih, kalau ada satu MODAL lain buat masuk surga.

Apa ituu??
Ya, itu adalah sifat MUDAH  MEMAAFKAN sob.

Nah, ada kisahnya nihh. Jadi, ada seseorang yang banyak banget kesalahannya, dosa"nya, bahkan satu-satunya amal solehnya adalah gampang memaafkan kesalahan orang lain.
Berkali-kali saudaranya melakukan kesalahan, berkali-kali juga ia memaafkannya. Tapi, sewaktu di akhirat, pada hari pembalasan, meskipun orang ini buanyak banget dosanya nih, Allah berkata kepada malaikat, "Masukkanlah dia ke surga. Sebagaimana dia memaafkan saudaranya, begitupun Aku juga sudah memaafkan kesalahan-kesalahannya."

Perlu banget diingat nih sob, Al Jaza' Min Jinsil Amal, Balasan itu sesuai dengan jenis amal. Kalau kita mudah memaafkan orang lain, maka Allah pun mudah memaafkan kesalahan kita, insyaaAllah

Teladan


Tahu gak sob? Di zaman Rasul, ada sosok pemuda yang keren banget nih, udah tampan, kaya lagi, ya namanya Mush'ab bin Umair. Hebatnya lagi nih, waktu islam masih asing di Kota Mekah, beliau udah memeluk agama islam loh.
.
Tapii, beliau harus menyembunyikan keislamannya nih, soalnya agama islam masih terintimidasi saat itu. Tapi lagi-lagi hal itu gak menyurutkan semangatnya untuk mencari ilmu dari Rasul, sampai-sampai Rasul mengamanahkan tugas dakwah di kota Madinah kepada beliau. Widihh, oke banget kan, Sob?
.
Suatu hari nih, hal pahit terjadi di hidup Mush'ab, saat ibunya tau kalau beliau muslim. Jangan ditanya lagi gimana marahnya ibu Mush'ab, asli parah banget, sampek ngancam gak akan makan minum, terus berdiri tanpa naungan kalau Mush’ab gak keluar dari Islam. Sedih banget kan? *hiks. Luar biasanya, Mush’ab tetep teguh iman, sampe akhirnya beliau dikurung keluarganya, plus disiksa ibunya. Hidupnya berubah 360°, yang awalnya serba mewah, jadi serba gak ada. Beliau menjual dunia untuk membeli akhirat dengan keteguhan imannya. Asli terharu banget kan, Sob? :')
.
Jasa Mush'ab? Jangan ditanya lagi, dakwah beliau membuat banyak penduduk Madinah memeluk islam dalam waktu singkat lohh.
.
Nah, tibalah kita di kisah wafatnya Mush'ab yang menyentuh banget :'). Jadii kalau perang, Mush’ab tuh tugasnya sebagai pemegang bendera islam. Waktu perang Uhud, penunggang kuda dari pasukan Musyrik yang namanya Ibnu Qumai-ah al-Laitsi menebas tangan kanan Mush’ab. Dengan gercep, tangan kirinya megang bendera panji Rasulullah, lalu tangan kirinya ditebas juga. Dengan gercep lagi, beliau mendekap bendera Rasulullah di dadanya, lalu anak panah merobohkannya dan jatuhlah bendera tersebut. Bayangin aja, saking gak relanya panji Rasulullah jatuh ke tanah, nyawa Mush'ab yang jadi taruhannya sob. Beliau syahid bersama beberapa sahabat lain di perang Uhud.
.
Di situasi jaman now gini, Islam butuh nih pemuda-pemuda seperti Mush'ab bin Umair. Yuk, kita teladani beliau :)

Husnudzon

Apaan tuh kak? Siapanya suudzon yahh?
Penasaran? Yuk disimak ^-^
Husnudzon itu asalnya dari kata ‘hasan‘ yang artinya baik, dan ‘dhon’ yang artinya prasangka. Jadii husnudzon artinya prasangka baik. Sementara lawan kata dari husnudzon adalah suudzon atau prasangka buruk. Nahh, udah jelas kann husnudzon siapanya suudzon? Hehe

Dalam Q.S. Al Hujurat ayat 12 di atas, ada pesan nih, bahwa kita harus menghindari prasangka. Kenapa sih?? Soalnya sebagian prasangka itu dosa. Prasangka tuh juga ada kawan"nya nih, yaitu mencari kesalahan orang lain, dan juga menggunjing yang harus kita hindarin semua.

Emang sebahaya apa sih kak kalau kita lakuin?
Asli parah banget konsekuensinya, sampai-sampai kalau kita ngelakuin tiga hal tersebut, artinya sama saja kita memakan bangkai saudara kita sendiri.
Ngeri banget kan? Na'udzubillah.

Hiks, aku jadi nyesel nih kak pernah ngelakuin hal diatas. Aku harus gimana dong kak?? *sad :(

Tenang aja sob, kalau kita sudah terlanjur melakukan, maka bertaqwalah dan bertaubatlah. Allah itu Maha Baik sob, Allah Maha Penerima Taubat dan Maha Penyayang bagi hamba-Nya.
Taubat yang dimaksud disini taubat nasuha ya, taubat yang sungguh-sungguh, dengan merenung dan menyesali, serta bertekad untuk berhenti melakukan, lalu mengganti dengan perbuatan yang baik.
Yuk, semangat berbuat kebaikan :)

Lupakan Rasa SAkit

Lupain aja
Berkarya aja

Udah itu aja

Jangan,Ini Berat

#CurhatBarengKarismaITB

Duh aku lelah memendam permasalahan ini sendiri :")

Pusing tugas sekolah
Pusing ngurusin temen
Pusing ngurusin ekskul di sekolah
Bingung mau kuliah dimana

Nah, keep calm and feel free to ask
Ada

ComingSoon
#CurhatBarengKarismaITB

#KarismaITB
#SobatKarisma
#HitsBandung
#AkuSahabatRemaja

_________________________
Karisma ITB
Website : karisma-itb.org
Line : @hlt7434n
Instagram : @sobatkarisma
Facebook : Karisma ITB
Youtube : Karisma ITB

GerCep #2 : Musuh, Masalah, Masa Jenuh

n merupakan cara terbatas untuk mengukur kemampuan seseorang.Pelaksanaan ujian dimaksudkan untuk mengukur pengetahuan seseorang. Ujian juga dijadikan sebagai alat evaluasi untuk menilai seberapa jauh pengetahuan sudah dikuasai dan keterampilan yang sudah diperoleh.

Tapiiii
Saat mendengar kata "ujian" kita biasanya langsung panik ?
Waah catatan ku ga lengkap, aku ga pernah perhatiin guru, males ahh belajar bosan.
Waah apakata masa depanmu mendengar kata2 ini ??

Naaah semua mindset ini haruus di buang jauh sob, persiapan dari jauh hari dan mengenal gaya belajar merupakan sebuah solusi supaya sob gapanik saat mendengar kata "ujian".

Teladan


Tahu gak sob? Di zaman Rasul, ada sosok pemuda yang keren banget nih, udah tampan, kaya lagi, ya namanya Mush'ab bin Umair. Hebatnya lagi nih, waktu islam masih asing di Kota Mekah, beliau udah memeluk agama islam loh.
.
Tapii, beliau harus menyembunyikan keislamannya nih, soalnya agama islam masih terintimidasi saat itu. Tapi lagi-lagi hal itu gak menyurutkan semangatnya untuk mencari ilmu dari Rasul, sampai-sampai Rasul mengamanahkan tugas dakwah di kota Madinah kepada beliau. Widihh, oke banget kan, Sob?
.
Suatu hari nih, hal pahit terjadi di hidup Mush'ab, saat ibunya tau kalau beliau muslim. Jangan ditanya lagi gimana marahnya ibu Mush'ab, asli parah banget, sampek ngancam gak akan makan minum, terus berdiri tanpa naungan kalau Mush’ab gak keluar dari Islam. Sedih banget kan? *hiks. Luar biasanya, Mush’ab tetep teguh iman, sampe akhirnya beliau dikurung keluarganya, plus disiksa ibunya. Hidupnya berubah 360°, yang awalnya serba mewah, jadi serba gak ada. Beliau menjual dunia untuk membeli akhirat dengan keteguhan imannya. Asli terharu banget kan, Sob? :')
.
Jasa Mush'ab? Jangan ditanya lagi, dakwah beliau membuat banyak penduduk Madinah memeluk islam dalam waktu singkat lohh.
.
Nah, tibalah kita di kisah wafatnya Mush'ab yang menyentuh banget :'). Jadii kalau perang, Mush’ab tuh tugasnya sebagai pemegang bendera islam. Waktu perang Uhud, penunggang kuda dari pasukan Musyrik yang namanya Ibnu Qumai-ah al-Laitsi menebas tangan kanan Mush’ab. Dengan gercep, tangan kirinya megang bendera panji Rasulullah, lalu tangan kirinya ditebas juga. Dengan gercep lagi, beliau mendekap bendera Rasulullah di dadanya, lalu anak panah merobohkannya dan jatuhlah bendera tersebut. Bayangin aja, saking gak relanya panji Rasulullah jatuh ke tanah, nyawa Mush'ab yang jadi taruhannya sob. Beliau syahid bersama beberapa sahabat lain di perang Uhud.
.
Di situasi jaman now gini, Islam butuh nih pemuda-pemuda seperti Mush'ab bin Umair. Yuk, kita teladani beliau :)

KARISMA KEDATANGAN OPPA!!

?Annyeonghaseyo, Oppa!
?Naon, abdi mah bukan Oppa

Wkwk
Pernah ga Sob nge-judge orang dari luarnya doang? atau nge-judge buku dari covernya? Nilai sesuatu, padahal gatau.
Sebelum menilai, KEPOin dulu dalemnya!
Hmm menarique

Sobat Karisma Production presents
"Karisma Itu (Korea Hitz)"
Check OPPA yang satu ini (down)
https://www.youtube.com/watch?v=Z2H8VXd4kUY

Penasaran?
Check this out sob!

Join?
Klik klik,
bit.ly/daftarKARISMA37_2

Segera tag temen
?For more info: bit.ly/kepokarisma37_2

Contact person:
081293934674(Aip)
08996156176 (Hana)

#MengaderDenganIman
#MentariBaruKeluargaKarisma
#KarismaITB
#SobatKarisma
#HitsBandung
#SeribuCahayaBaruKarisma
_______________
KarismaITB
Line: @hlt7434n
IG : @sobatkarisma
Facebook: Karisma ITB
Website: www.karisma-itb.org
Youtube: KarismaITB